Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

Keanggotaan

KEANGGOTAAN
ASOSIASI AHLI MANAJEMEN ASURANSI INDONESIA
(Kewajiban dan Manfaatnya)


I. Kewajiban anggota AAMAI, khususnya yang berkaitan dengan iuran wajib anggota sebagai berikut :

Sesuai Anggaran Rumah Tangga AAMAI, BAB XI, Pasal 17 bahwa ”Anggota diwajibkan membayar Uang Pangkal dan Iuran Bulanan yang besarnya ditetapkan oleh Dewan Pengurus”. Sesuai dengan SK Dewan Pengurus No. AAMAI/Skep-006/XII/2002 tanggal 2 Desember 2002 besarnya iuran tersebut adalah sebagai berikut :

Uang Pangkal Rp. 100.000,-
Iuran Bulanan AAAI Rp. 12,500,-
Iuran Bulanan AAI Rp. 25.000

Bahwa iuran anggota tersebut merupakan sumber dana untuk membiayai operasional organisasi yang sebagian besar digunakan untuk pembinaan anggota AAMAI .

II. Adapun keuntungan (benefit) menjadi anggota AAMAI secara garis besar adalah sebagai berikut :

1. Memenuhi ketentuan Pemerintah tentang tenaga ahli, sesuai SK Menteri Keuangan RI Nomor 425 dan 426/KMK.06/2003 tertanggal 30 September 2003 yang intinya bahwa tenaga ahli asuransi harus memiliki kualifikasi dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI) atau dari asosiasi sejenis dari luar negeri setelah terlebih dahulu memperoleh pengakuan dari AAMAI”

2. Sesuai Anggaran Rumah Tangga BAB III, Pasal 6,
butir 1) Anggota berkewajiban memegang teguh norma-norma profesi yang ditetapkan oleh Asosiasi, yaitu Angagaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Kode Etik.
Butir 2) Anggota berkewajiban untuk senantiasa meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan profesinya.
Dengan demikian anggota AAMAI diharapkan akan selalu meningkatkan ilmu pengetahuannya secara terus menerus serta senantiasa berpikir dan berperilaku profesional.

3. Anggota AAMAI berkewajiban untuk mengikuti program Pengembagan Profesional Berkelanjutan (P2B) atau dikenal dengan ”Continuing Professional Development (CPD)”. Program ini juga dimaksudkan agar semua anggota AAMAI selalu meningkatkan pengetahuan dan keahliannya sesuai dengan dinamika dan Perkembangan dunia perasuransian.

4. Semua anggota AAMAI akan memperoleh ”Jurnal Asuransi” (gratis) yaitu media ilmu pengetahuan yang terkait dengan perasuransian, yang terbit minimum 3 kali setiap tahun. Semua anggota juga berhak menyalurkan bakatnya untuk mengisi tulisan- tulisan ilmiah dalam media tesebut

5. Semua anggota AAMAI akan memperoleh keringanan biaya (diskon) s/d 25% atas event-event (seminar, workshop, dll) yang diselenggarakan oleh AAMAI.

6. AAMAI setiap tahun menerbitkan Buku Laporan Tahunan Keanggotaan (BLTK), yang memuat seluruh anggota aktif AAMAI. BLTK ini antara lain disampaikan ke Biro Perasuransian, Departemen Keuangan.

7. Anggota AAMAI akan memperoleh pelayanan profesional lainnya seperti Surat Keterangan dari Asosiasi (surat keterangan ”tidak sedang dalam pengenaan sanksi dari asosiasi profesinya”, vide SK Menteri Keuangan No. 426/KMK.06/2003, Pasal 15 butir 2.c.)

8. Anggota AAMAI akan mendapat Kartu Tanda Keanggotaan (KTA) dengan catatan menyampaikan Pass Foto berwarna ukuran 3 X 4 cm ke Sekretariat AAMAI.

9. Anggota AAMAI diberikan perlindungan Asuransi Jiwa dan Asuransi Kecelakaan.

10. Anggota AAMAI berhak atas semua aktifitas pembinaan anggota yang diselenggarakan oleh AAMAI.

Semua layanan tersebut hanya akan diberikan kepada anggota aktif AAMAI yaitu anggota yang telah memenuhi seluruh kewajibannya, termasuk melunasi uang pangkal dan iuran wajib.