Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

401 : Prinsip-Prinsip & Praktek Manajemen Dalam Asuransi

401 : PRINSIP-PRINSIP & PRAKTEK MANAJEMEN
DALAM ASURANSI
SENIN : 16 MARET 2009
Jam : 09.00 - 12.00




 Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
 Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
 Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
 Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam




BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.



1. Uraikan 3 (tiga) fungsi yang sekurang-kurangnya terdapat dalam susunan organisasi perusahaan perasuransian sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 73 Tahun 1992 Pasal 3 ayat 1.b.
2. Uraikan 3 (tiga) faktor yang membentuk budaya perusahaan.
3. Sebutkan 6 (enam) unsur utama dari marketing mix.
4. Uraikan pengertian benchmarking.
5. Uraikan pengertian Customer Relationship Management.
6. Uraikan 3 (tiga) kelebihan manajemen sumber daya manusia jika dibandingkan dengan manajemen personalia.
7. Sebutkan 6 (enam) tujuan sistem performance appraisal.
8. Uraikan 3 (tiga) jenis laporan keuangan.





BAGIAN II

Jawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 (empat) soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaan 1 (satu) sampai 4 (empat) tanpa memperhatikan nomor urut soal.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)

9. Salah satu tantangan yang dihadapi para manajer dalam menjalankan perannya adalah mengatasi konflik internal.
Jelaskan 6 (enam) tahapan yang harus dilakukan para manajer dalam rangka mengelola konflik internal.


10. Dalam kaitan dengan pendelegasian wewenang, uraikan :
a. 5 (lima) tahapan pendelegasian
b. 3 (tiga) keuntungan pendelegasian
c. 4 (empat) hambatan pendelegasian yang efektif


11. Dari laporan Operasional dan Keuangan per 31 Desember 2008 PT. Asuransi ABC, diperoleh data :
 Pendapatan premi bruto Rp. 38.550.000.000,-
 Premi reasuransi dibayar Rp. 13.750.000.000,-
 Kekayaan yang diperkenankan Rp. 29.500.000.000,-
 Jumlah kewajiban tidak termasuk pinjaman Subordinasi Rp. 20.750.000.000,-
 Komisi dibayar Rp. 11.250.000.000,-
 Komisi reasuransi diterima Rp. 3.800.000.000,-
 Klaim bruto dibayar Rp. 14.300.000.000,-
 Klaim reasuransi diterima Rp. 10.200.000.000,-
 Premi yang belum menjadi pendapatan per 31 Desember 2007 Rp. 6.900.000.000,-
 Premi yang belum menjadi pendapatan per 31 Desember 2008 Rp. 7.300.000.000,-
 Estimasi klaim risiko sendiri per 31 Desember 2007 Rp. 4.100.000.000,-
 Estimasi klaim risiko sendiri per 31 Desember 2008 Rp. 3.600.000.000,-
 Risiko kegagalan yang mungkin timbul akibat :
- Kegagalan pengelolaan kekayaan Rp. 1.100.000.000,-
- Kekayaan & kewajiban yang tidak seimbang setiap mata uang Rp. 550.000.000,-
- Perbedaan beban klaim yang terjadi dengan yang diperkirakan Rp. 5.200.000.000,-
- Kewajiban reasuradur untuk membayar klaim Rp. 750.000.000,-
 Beban underwriting lainnya (Rp. 325.000.000,-)

Dari data diatas buatlah perhitungan :
a. Surplus Underwriting per 31 Desember 2008.
b. Rasio batas tingkat solvabilitas (RBC) per 31 Desember 2008 berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

12. Dalam kaitan dengan proses penerimaan calon karyawan :
a. Uraikan 4 (empat) sarana perekrutan yang dapat digunakan.
b. Sebutkan 6 (enam) spesifikasi calon karyawan yang harus diperhatikan pada saat wawancara.
c. Sebutkan 5 (lima) unsur penting yang harus diperhatikan dalam keputusan seleksi.


13. Dalam kaitan dengan manajemen strategik, uraikan :
a. Pengertian manajemen strategic.
b. 6 (enam) jenis pendekatan yang dapat diambil dalam merumuskan suatu strategi.


14. Sebagai pimpinan perusahaan PT. Asuransi XYZ, anda diminta memberikan ceramah tentang “metode pengambilan keputusan yang efektif” pada acara rapat kerja yang dihadiri oleh seluruh Kepala Divisi dan Kepala Cabang. Dalam kaitan dengan hal tersebut, jelaskan :
a. 5 (lima) pokok kerangka kerja dalam proses pengambilan keputusan
b. 4 (empat) teknik pengambilan keputusan.