Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

303 : Asuransi Personal

303 : ASURANSI PERSONAL
SELASA : 17 MARET 2009
Jam : 14.00-17.00




 Ujian ini terdiri dari dua bagian (Bagian I dan Bagian II)
 Jawab seluruhnya 8 (delapan) pertanyaan pada Bagian I (bobot 25%)
 Jawab 4 (empat) pertanyaan pada Bagian II (bobot 75%)
 Waktu yang tersedia 3 (tiga) jam




BAGIAN I

Jawab seluruhnya DELAPAN pertanyaan pada bagian ini.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks).
Dianjurkan menggunakan waktu max. 45 menit untuk mengerjakan Bagian I.



1. Uraikan apa yang dimaksud dengan customer leads strategy.

2. Sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perusahaan pada umumnya menempuh kebijakan pencapaian target produksi yang efektif.

3. Dalam melakukan risk control atas pertanggungan asuransi content, sebutkan 4 (empat) alasan mengapa perlu dilakukan survey ulang.

4. Sebutkan 5 (lima) jaminan dasar dalam asuransi perjalanan.

5. Uraikan 3 (tiga) hal yang harus dilakukan seorang petugas klaim setelah informasi awal diterima.

6. Sebutkan 5 (lima) syarat berlakunya prinsip kontribusi dalam polis asuransi personal.

7. Uraikan pengertian permanent total disablement.

8. Uraikan apa yang dimaksud dengan extended warranty.



BAGIAN II

Jawab EMPAT dari ENAM pertanyaan pada bagian ini. Apabila dijawab lebih dari 4 (empat) soal, maka yang akan dinilai hanyalah jawaban dengan urutan pengerjaan 1 (satu) sampai 4 (empat) tanpa memperhatikan nomor urut soal.
Seluruh pertanyaan memiliki bobot yang sama (equal marks)


9. Dalam kaitan dengan asuransi content, uraikan :
a. 6 (enam) luas jaminan legal liability dalam polis tersebut.
b. 6 (enam) jenis legal liability yang tidak dijamin dalam polis tersebut.


10. Dalam kaitan dengan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia, uraikan :
a. Pengertian kecelakaan dalam polis tersebut serta 3 (tiga) hal yang termasuk dalam pengertian tersebut.
b. Ketentuan jaminan kematian (Jaminan A) dalam polis tersebut.


11. Uraikan :
a. 5 (lima) faktor yang membatasi ganti rugi (indemnity).
b. 6 (enam) keuntungan dan 2 (dua) kerugian menggunakan arbitrase dalam penyelesaian perselisihan.


12. Jelaskan 6 (enam) hal khusus yang dipertimbangkan dalam penanganan klaim pencurian.


13. Dalam memasarkan produk-produk asuransi personal, perusahaan asuransi dapat menggunakan 2 (dua) cara yaitu direct dan indirect. Jelaskan 3 (tiga) jenis distribution channel dari masing-masing cara tersebut.


14. Dalam kaitan dengan asuransi household, jelaskan :
a. 6 (enam) pertimbangan underwriting dalam penilaian risiko asuransi.
b. Apa yang dimaksud dengan unspecified dan specified item .