Close

Not a member yet? Register now and get started.

lock and key

Sign in to your account.

Account Login

Forgot your password?

101 : Praktek Asuransi

101 : PRAKTEK ASURANSI


SASARAN :

Memberikan pengertian tentang hubungan antara risiko dan asuransi serta pengetahuan tentang praktek, prosedur dan peraturan yang berlaku dalam pasar asuransi
Peringkat
pengetahuan
HUBUNGAN ANTARA RISIKO DAN ASURANSI

Arti dan konsep risiko, dan ketidakpastian 3
Hubungan antara frekuensi dan besarnya risiko 3
Berbagai cara dalam mengklasifikasikan risiko 2
Biaya yang berkaitan dengan berbagai jenis risiko utama 1
Pentingnya manajemen risiko dan metode pengendalian risiko lainnya 2
Teknik menajemen risiko : identifikasi, analisa, pengendalian dan pengalihan 2
Asuransi sebagai mekanisme pengalihan risiko 2
Penggunaan, kelebihan dan kelemahan self-insurance 2
Peranan dan operasional perusahaan asuransi “captive” 2

HAKEKAT ASURANSI

Karakteristik risiko yang dapat diasuransikan 3
Pengalihan risiko, cadangan bersama (common pool) dan premi yang sebanding sebagai fungsi asuransi 2
Manfaat asuransi bagi tertanggung, masyarakat dan ekonomi 2
Komponen dari cadangan bersama 2
Konsep reasuransi 2

JAMINAN ASURANSI

Karakteristik dan lingkup beberapa cabang utama asuransi 2
Karakteristik dan penggunaan polis-polis gabungan dan polis-polis komprehensif 2
Tujuan dan lingkup bentuk asuransi wajib 2
Penggunaan “add ons” termasuk layanan darurat, layanan hukum, layanan “helplines” 2
Jasa-jasa yang berhubungan dengan asuransi yang diberikan oleh penanggung dan perantara asuransi 2

STRUKTUR UMUM PASAR ASURANSI

Konsep pasar 1
Struktur pasar asuransi 2
Kategori perantara asuransi dan perbedaannya 2
Hakekat perjanjian antara perantara dan prinsipalnya 2
Pendelegasian wewenang oleh penanggung 2
Karakteristik beberapa bentuk utama penanggung 2
Keuntungan dan kerugian bagi penanggung dan tertanggung menggunakan perantara 2
Struktur dan operasional Lloyd’s of London 2
Organisasi-organisasi dalam pasar asuransi 1



CARA KERJA ASURANSI

Penjualan dan pemasaran asuransi 2
Tujuan, penggunaan, struktur dan isi surat permintaan penutupan asuransi (SPPA) 2
Peranan dan struktur polis 2
Bentuk umum pengecualian dan kondisi polis 2
Penggunaan klausul-klausul standar dan non-standar dan endorsemen dalam polis 2
Transaksi asuransi di Lloyd’s 2
Tujuan, isi dan penggunaan cover notes dan sertifikat asuransi 2
Alasan dan prosedur untuk merubah polis 2
Proses perpanjangan polis 2

UNDERWRITING DAN PEMBAGIAN RISIKO DALAM ASURANSI

Karakteristik physical hazard dan moral hazard 3
Peranan proses underwriting 2
Prinsip dasar dalam meng-underwrite beberapa cabang utama asuransi 2
Tujuan dan penggunaan survai risiko 2
Faktor-faktor teori dan praktek yang digunakan untuk menghitung suku premi 2
Aplikasi suku premi pada beberapa cabang utama asuransi 2
Alasan pembagian risiko dengan cara koasuransi dan reasuransi 2
Prosedur untuk membuat koasuransi suatu risiko 2
Karakteristik pasar reasuransi 2
Reasuransi fakultatif dan treaty serta perlunya batas retensi 2

PROSEDUR KLAIM

Prosedur umum dalam hal pemberitahuan klaim 2
Prosedur yang digunakan oleh penanggung dalam menyelesaikan klaim 2
Penggunaan loss adjuster dan profesi lainnya 2
Metode umum dalam penyelesaian klaim 2
Batas jumlah yang dibayar sebagai penyelesaian klaim 2
Penanganan kecurangan (fraud) 2
Penggunaan arbitrase dalam perselisihan klaim 1
Karakteristik skim arbitrase secara sukarela 1
Alternartif penyelesaian perselisihan 1

PENGAWASAN ASURANSI

Perkembangan, peranan dan perlunya pengawasan asuransi oleh Pemerintah 1
Aspek utama peraturan yang berlaku sehubungan dengan pengawasan penanggung 2
Aspek utama peraturan yang berlaku sehubungan dengan pengawasan perantara asuransi 2
Persyaratan utama untuk penanggung dan perantara berdasarkan peraturan 2

PERLINDUNGAN KONSUMEN

Undang-undang sebagai alat untuk melindungi konsumen dalam bisnis yang berkaitan dengan investasi 1
Peranan, tujuan dan operasional codes of practice dalam asuransi 2
Persyaratan utama codes of practice 2
Peranan insurance ombudsman 2
Etika dalam asuransi 2
Standar etika, perilaku konsumen dan status professional 2

PERINGKAT PENGETAHUAN

Untuk setiap sub-topik telah di tetapkan suatu peringkat pengetahuan secara numerik sebagai berikut :

1 Mengetahui latar belakang secara umum
2 Memahami unsur-unsur utama dari prosedur atau konsep serta penggunaannya
3 Sangat memahami dalam mengevaluasi konsep, hal-hal, kebijakan dan prosedur serta pengertian atas aspek-aspek terkait dan aplikasinya pada berbagai situasi.



KEPUSTAKAAN :

Bacaan Utama : 1. Coursebook P01 : Insurance Practice – The Chartered Insurance Institute, 1999
2. Undang-Undang No. 2 tahun 1992 dan Peraturan - peraturan Pelaksanaannya

Bacaan Tambahan : 1. Jurnal AAMAI
2. Buku/diktat yang diterbitkan oleh lembaga-lembaga pendidikan asuransi di Indonesia yang berhubungan dengan praktek asuransi.